Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi merupakan salah satu masalah yang wajar terjadi pada bayi Anda. Perut kembung menyebabkan bayi tidak nyaman dan rewel. Biasanya bayi akan terus menerus menangis jika sedang kembung. Hal ini otomatis akan membuat orang tua panik dan bingung. Sebagai orang tua, Anda tak perlu panik dan bingung jika bayi Anda kembung. Anda perlu menghilangkan kembung dengan cara mengatasi perut kembung pada bayi. Anda juga perlu mengenali penyebab perut kembung pada bayi. Perut kembung pada bayi biasanya ditandai dengan perut pada si kecil yang lebih menggembung dari biasanya. Perut kembung pada bayi juga ditandai dengan bayi yang sering buang gas.

panduan cara mengatasi masalah perut kembung pada bayi

Perut kembung pada bayi memang wajar. Namun, Anda tak perlu khawatir. Anda dapat mengaplikasikan beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi. Penyebab kembung sebenarnya banyak. Beberapa penyebab kembung diantaranya yaitu :

Beberapa Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

– Posisi menyusui yang salah. Posisi pelekatan antara mulut bayi dengan puting yang tidak benar dapat menyebabkan udara ikut masuk ke dalam perut si kecil. Hal ini tentu akan menyebabkan si kecil mengalami kembung. Posisi pelekatan yang kurang benar biasanya ditandai dengan bunyi kecapan (cup cup) pada mulut bayi saat menyusui.

– Faktor makanan. Seiring bertambahnya usia bayi, seorang ibu biasanya memberikan asupan nutrisi berupa makanan kepada bayi. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan perut kembung ialah asparagus, brokoli, kacang-kacangan, jagung, kol, kubis, serta kentang. Walaupun demikian, ibu tak perlu menghentikan si kecil untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Karena makanan tersebut banyak mengandung zat gizi. Ibu hanya perlu membatasi konsumsi pada bayi agar tidak berlebihan.

– Sistem pencernaan belum sempurna

– Menangis berlebihan

Setelah Anda mengenal beberapa penyebab perut kembung pada bayi, tentunya Anda juga perlu tahu bagaimana mengatasi perut kembung pada bayi. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi:

– Kompres air hangat. Anda dapat mengompres bayi Anda dengan kain kompres dan air hangat. Bagian yang perlu Anda kompres yaitu bagian perut si kecil.

– Mengusap punggung bayi dengan lembut.

– Memberi atau mengoleskan minyak bayi atau baby oil di area perut si kecil.

– Memberikan gerakan atau latihan pada si kecil. Anda dapat menggerakkan kaki si kecil agar gas pada perut mudah keluar dan meningkatkan gerakan usus sehingga pencernaan lancar.

Referensi ArtikelĀ https://www.zwitsal.co.id/momen-perawatanku/cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi-baru-lahir

Biasanya, para ibu lebih suka menggunakan cara pada poin ketiga. Cara tersebut memang aman dan praktis. Salah satu baby oil yang dapat digunakan untuk mengusap perut si kecil saat sedang kembung yaitu Zwitsal baby oil. Zwitsal baby oil mengandung aloe vera dan vitamin E yang dapat menjaga kelembutan kulit si kecil serta memberi kehangatan pada bayi Anda. Hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan jika bayi Anda terus menerus rewel karena kembung yaitu pertolongan dengan beberapa cara di atas. Jadi, sebagai orang tua Anda tak perlu panik dan khawatir. Beberapa cara di atas merupakan cara mengatasi perut kembung pada bayi yang efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *