Cara Melaporkan SPT Tahunan Pajak Dengan Fasiltas Mumpuni Dari E-filings

Cara Melaporkan SPT Tahunan Pajak Dengan Fasiltas Mumpuni Dari E-filings

Direktorat Jenderal Pajak telah memberikan kemudahan bagi semua wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan, ada cara manual dengan menyambangi langsung Kantor Pelayanan Pajak atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsulitasi Perpajakan, jika cara ini dinilai terlalu ribet dan melelahkan, maka kirim saja via pos, cara lainnya dengan memanfaatkan jasa ekspedisi lainnya untuk mengirimkan berkas ke KPP dan cara terakhir yang saat ini sedang digembor-gemborkan adalah e-filling.

E-filling merupakan cara penyampaian atau pelaporan SPT Tahunan pajak secara online yang dilakukan real time dari koneksi internet pada website DJP maupun penyedia layanan SPT online atau ASP.

Dengan memakai e-filling proses pelaporan pajak SPT Tahunan dapat serta merta dilakukan di mana saja, kapan saja tidak perlu menyita banyak waktu Anda konsultan pajak jakarta. Jika Anda belum pernah melaporkan SPT Tahunan pajak via e-filling, maka ikuti langkahnya di bawah ini:

Siapkan Email Dulu

Sebelum memulai pelaporan pajak via e-filing seorang wajib pajak diwajibkan untuk memiliki alamat email dan nomor telepon aktif terlebih dahulu, tujuannya agar proses aktivasi bisa dilakukan dengan cepat dan tepat, langsung masuk via sms atau via email. Bila belum punya email, segera buat untuk masuk ke tahapan berikutnya.

Pastikan Sudah Aktivasi EFIN

Sudah memiliki email, maka Anda pun diwajibkan untuk memiliki EFIN, jadi sebelum membuka situs djponline.pajak.go.id, pastikan Anda sudah memiliki EFIN yang dipakai untuk mengaktivasi akun e-filing Anda, jadi bila belum punya EFIN, buat segera di KPP terdekat.

Daftar Ke Situs djponline.pajak.go.id

Kedua  persyaratan di atas sudah Anda miliki, maka segera daftarkan diri Anda ke situs djponline.pajak.go.id, setelah selesai mendaftarkan diri, buka email Anda untuk aktivasi akun, jika akun berhasil diaktivasi Anda bisa masuk lagi ke situs djponline.pajak.go.id dengan memakai NPWP dan password yang baru dibuat.

Pilih Menu E-filling dan Buatlah SPT

Klik menu e-filling dan pilih membuat SPT, jawab dan isi formulir dengan data yang sesuai dan akurat, jangan memanipulasi data Anda. Setelah formulir diisi semua, klik persetujuan dan ambil kode verifikasinya dengan memilih pengiriman via sms atau via email.

Buka Kode Verifikasi dan Masukkan Pada Kolom Kode

Buka kode yang terkirim ke email atau sms Anda untuk dimasukkan pada kolom kode pengiriman lalu klik Kirim SPT. Masuk kembali ke email dan pastikan jika Anda telah menerima tanda terima elektronik, cetak dan simpan tanda terima SPT Tahunan elektronik tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *